25 November 2008

screen reader gratis



Pernah lihat seorang tuna netra memakai computer? Kebayang gak gimana caranya? Saya punya teman seorang tuna netra yang buta sejak lahir. Waktu pertama kali saya kenalan dengannya, saya lihat dia menenteng sebuah laptop. Saya jadi penasaran dan bertanya lah saya tentang laptop tersebut. Ternyata yang dia pegang adalah milik dia dan dia mendemonstrasikan bagaimana seorang tuna netra berkomputer. Sungguh bagi saya yang normal kagum tentang cara dia berkomputer. Dia menggunakan screen reader; software yang membacakan semua aktifitas di computer dan mengeluarkannya dalam bentuk suara. Karena Indonesia belum ada yang bisa bikin software ini, maka aksennya bahasa inggris. Kalau baca tulisan dalam bahasa inggris maka hasilnya seperti orang asing baca tulisan Indonesia.
Teman saya ini menggunakan program bernama “jaws”. Ini program trial cuman 15 hari selanjutnya harus bayar kalau mau memakainya selamanya. Di buru oleh rasa penasaran, maka saya coba download dan install Jaws di laptop saya. Ternyata program ini lumayan bagus. Intonasinya juga lumayan gampang didengar, bahkan kalau membaca teks bahasa indonnesia. Tapi sayang program ini mahal sekali.
Saya coba googling untuk mencari screen reader yang berbahasa Indonesia, ternyata ada… Cuma sayang screen reader ini bawaan Linux ubuntu sehingga gak bisa di install di windows. Tadi pagi gak sengaja di elshinta ada bahasan tentang screen reader yang gratis. Namanya thunder. Download linknya di www.screenreader.net. Setelah dicoba, hasilnya lumayan. Keluaran suaranya mendekati Jaws.

Tidak ada komentar: