05 Desember 2008

Jenis Kelamin Game

Minggu kemarin saya ke glodok,fhew... dah 2 bulan nih gak main kesana. tujuannya selalu sama, cari film baru untuk nambahin koleksi dan cari game baru untuk dimainin di laptop. biasanya, setelah sejaman muter-muter hunting film, perjalanan saya lanjutkan dengan cari game. setelah muter-muter lagi (hobi banget ya???), gak sengaja nemuin cover game yang judulnya Girl's game collection dengan warna cover pink rame abis. penasaran saya liat, ada apa gerangan dengan isinya??? ada sekitar 20 games disana dan ternyata sodara-sodara... yang disebut games perempuan cuman games buatan Yahoo, Games House dan games simple lainnya!!!

saya jadi mikir, emangnya games ada jenis kelaminnya?? merasa gak??? di masyarakat kita sudah sangat sering di sebutkan kalau ada perbedaan jenis permainan antara anak pria dan perempuan; seperti robot-robotan untuk pria dan boneka untuk perempuan, perang-perangan untuk pria dan main rumah-rumahan untuk wanita. Sebenarnya... siapa sih yang iseng bikin peraturan kaya gini???

coba deh perhatikan, games yang sepertinya membutuhkan tingkat kesulitan tinggi atau kekuatan fisik biasanya dilabelkan dengan permainan anak laki-laki dan sebaliknya permainan yang terlihat mudah dan enggak perlu keahlian khusus biasanya dilabelkan dengan permaian anak perempuan. koq bisa gitu ya??? kalian para perempuan, pernahkah berfikir kalau itu adalah pelecehan!!! memang sepanjang pengalaman saya main game PC, saya enggak pernah melihat kaum hawa main game perang kaya Call of Duty dan sejenisnya, game pertarungan kaya Taken dan sodara-sodaranya, game balapan kaya need for speed dan konco-konconya. yang sering saya lihat kaum perempuan cenderung lebih menyukai game yang saya sebutkan di paragraf pertama. tapi ini bukan berarti kalian enggak mampu main game yang biasa kami para pejantan mainkan kan?? apakah ini alasan si orang iseng terkutuk tersebut memberi label gender pada games? kalau memang benar games punya gender, lalu untuk banci, gamesnya apaan???

Tidak ada komentar: