11 Desember 2008

yoyo

saat ini disekolah siswa dari kelas 1 SD sampai SMP sedang giat-giatnya main yoyo. setelah diselidiki ternyata mainan tersebut tenar kembali karena pengaruh serial anime jepang "Blazing Teen". sebenarnya uphoria serial anime Jepang bukan yang pertama. dulu ketika saya kecil beberapa seial anime sudah terkenal sebut saja seperti gaban, google five, himaru dan ksatria baja hitam. setiap serial tersebut putar saya dan teman - teman langsung terhipnotis seakan terbawa dalam dunia fantasi yang mempesona.

Jepang memang kreatif. apapun bisa dijadikan fantasi. ingat dengan dash yonkuro??? dengan balapan Tamiyanya??? seketika saat itu tamiya langsung tenar. setiap anak pasti memimpikan punya sebuah tamiya.

lalu.... bagaimana dengan Indonesia??? apakah selamanya kita biarkan generasi muda indonesia di jajah alam khayalnya dengan produk asing???. Indonesia punya banyak mainan lokal yang bisa di explore. kita punya gasing, congklak, adu kelereng, bola bekel...

kalau kita mau mengangkat permainan tersebut seperti yang dilakukan Jepang, tak akan ada lagi keluhan dan ketakutan akan punahnya warisan budaya tersebut.

Tidak ada komentar: