18 Januari 2009

FASILITAS UNTUK DIFABLE

Kemarin sore ketika window shopping di Blok M Square, pusat perbelanjaan yang baru buka di daerah Blok M Jakarta, pas mau ke toilet, saya lihat ada toilet khusus penyandang cacat. ehem... jarang juga nih ada Mall yang user friendly sama para penyandang cacat, iseng-iseng dan didasari oleh rasa ingin tau yang menggelora (Berlebihan yah...) saya buka pintunya.

tadaaaaaaa.....

Guys...itu toilet dikunci... kebayang gak seh kalau saya seorang penyandang cacat yang kebelet pipis, masa seh saya harus cari petugas dulu untuk membukakan pintu!!!.terlalu!! Emang sih fasilitas jalan akses pendukung untuk setiap lantai udah di siapin lift, tapi kalau toilet dikunci buat apa juga dibuat?? abis itu cuman satu ruangan lagi.

kayaknya para pengelola Mall enggak niat banget deh bikin fasilitas publik untuk para penyandang cacat ini. hal yang sama pernah juga saya liat di Mall Depok, di lantai paling atas ada ruang khusus untuk ibu menyusui, iseng-iseng saya mencoba buka (ups...ralat, bukan saya yang buka, tapi saya delegasikan kekasih tercinta untuk membukanya) it is locked again. Kepada Om2 para pengelola mall, please dong kalau bikin fasilitas jangan setengah-setengah. bukankah para penyandang cacat juga punya hak yang sama dengan orang normal....

Tidak ada komentar: