06 Januari 2009

saat ini di belahan dunia lain

sore tadi dalam perjalanan pulang dari karawang, di bis yang saya tumpangi, saya mencuri dengar pembicaraan supir dengan kondektur.
"Di, nanti malam Indonesia akan merayakan tahun baru. semua orang akan berpesta pora. Namun dibelahan dunia sana, di Palestina di saat yang sama orang-orang disana dibombardir oleh Israel." ujar pak supir
kondektur hanya tersenyum seraya berkata "itulah hidup pak," singkat tapi sangat filosofis.
saya jadi teringat pada film pendek yang berjudul 10 minutes yang pernah saya posting dibagian video dari blog saya ini. kisahnya dimulai di Athena, Yunani saat seorang turis jepang menyerahkan sebuah negatif foto ke percetakan foto yang berjanji akan selesai dalam 10 menit. sementara sang turis menunggu, ia melihat jam yang saat itu pukul 9:50. adegan berganti di sebuah daerah ditimur tengah diawali dengan gambar jam yang sama 9:50, sebuah keluarga sedang menyiapkan makan siang, lalu sang ibu meminta anak laki tertuanya untuk membeli roti, ketika dalam perjalanan membeli roti, musuh memborbardir kota, dan si anak kembali kerumahnya. tepat pukul 10:00 satu keluarga si anak telah tewas terkena bom, lalu adegan kembali ke turis jepang, tapat pukul 10 negatif foto telah selesai dicetak. sang turis tersenyum, lalu meninggalkan percetakan dengan bahagia.
yah...itulah hidup

malam pergantian tahun
2008-2009

Tidak ada komentar: